Meningkatkan Keyakinan Kepada Allah

Written By Unknown on Sabtu, 23 Agustus 2014 | 10.07

Pembaca yang budiman, secara terus terang kontributor adalah orang yang dangkal pengetahuan tentang ilmu agama apalagi tentang isi dari kitab Al-Qr'an. Bisanya hanya membaca dan itupun tidak lancar. Dan ketika saya sowan dan njagong dengan Gus bersama dengan peserta perkemahan di Padepokan Soerjoalam. Selanjutnya beliau bercerita banyak tentang apa itu Al-Quran dan bagaimana menggunakan kitab tersebut. Hingga akhirnya saya diberikan PR untuk mencari beberapa ayat ini yang menurut beliau untuk menambah keyakinan. Dan sayapun menyanggupi untuk mencari terjemahannya karena di rumah ada terjemahan Al-Quran sekaligus saya berupaya untuk memahami isinya.  Dan berikut adalah suart dan ayat-ayat yang dimaksud yang hanya tulis terjemahannya.  Monggo disimak dan silahkan komentar apa maksud dari semua ayat yang saya ketik sesuai aslinya ini. Semoga kita digolongkan ke dalam orang-orang yang bertaqwa. Amien.
 
1. Baca sendirilah buku itu! Sekarang cukuplah kamu bertanggung jawab atas nasib dirimu sendiri ( Al. Isra ayat 14)

2. Wahai Tuhan kami! Kami telah beriman kepada Injil yang telah Engkau turunkan dan kami telah mengikuti Rosul Isa. Karena itu masukkan kami bersama-sama orang-orang yang mengakui kerosulannya. ( Al-Imran ayat 53)
Lalu mereka kaum Yahudi mengadakan tipu muslihat. Allahpun membalas tipu muslihat mereka. Dan Allah yang paling ampuh tipu muslihat-Nya ( Al-Imran ayat 54)

3.Dan ingat pulalah, ketika Tuhanmu hendak mengembang biakkan keturunan Adam dari tulang sulbi mereka. Lalu dimintaNya pengakuan mereka atas jiwanya masing-masing:” Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab:” Benar kami mengakui Engkau Tuhan kami”. Hal ini Kami lakukan agar nanti di hari kiamat, jangan kalian mengatakan:”Kami dahulu lupa tentang perjanjian ini.”.  Al-A’raaf ayat 172)

4. Masukkan tanganmu ke belahan leher bajumu nanti keluarnya putih bersinar namun tiada cacat. Yang kedua, lekapkanlah tangan kananmu, ke dadamu, maka akan lenyaplah rasa takutmu. Yang demikian itu adalah dua mukjizat pengukuh kenabian dari Tuhanmu, guna menghadapi Fir’aun dan kaumnya. Bahwasanya mereka adalah orang-orang pasik”. (Al-Qashash ayat 32)

5. Dan kepitkanlah tanganmu ke bawah ketiakmu, nanti dia akan keluar putih cemerlang. Namun tidak cacat. Ini satu mukjizat yang lain pula ( Thaha ayat 22)

6. Masukkanlah tanganmu ke dalam bajumu, niscaya dia akan menjadi putih bersinar bukan karena cacat. Kedua mukjizat ini termasuk sembilan buah mukjizat yang akan dikemukakan kepada Fir’aun dan kaumnya. Sesungguhnya mereka kaum yang fasik ( Al-Naml ayat 12)
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui  apa yang telah dibisikkan oleh hatinya. Dan Kami lebih dekat kepadanya dari pada urat nadi.
Ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya: yang seorang berada disebelah kan dan yang lain di sebelah kiri.
Apa saja yang diucapkannya selalu diawasi oleh malaikat yang senantiasa hadir di dekatnya.
Lalu datanglah sengsara kematian dengan sebenarnya. Itulah yang selalu kamu hindari.
Dan ditiuplah sangkakala. Itulah “ Hari yang diancamkan.”
Dan datanglah tiap-tiap diri dengan di sampingnya ada seorang malaikat pengiring dan malaikat penyaksi.
Sesungguhnya engkau lalai tentang hal ini. Lalu Kami singkapkan tabir yang menutupi matamu maka pandanganmu jadi lepas lelas ( Qaaf ayat 16-22)

7. Hai manusia, bertaqwalah kepada Tuhan mu sesungguhnya goncangan-goncangan yang terjadi pada hari kiamat adalah malapetaka yang mat dashsyat.
Bayangkanlah pada hari ketika kamu melihat malapetaka itu. Lupalah semua yang menyusukan dari anak yang disusukannya dan semua yang mempunyai kandungan, menggugurkan kandungannya sebelum masanya, serta kamu lihat pula manusia seperti mabuk, padahal mereka bukan mabuk, namun karena siksaan Allah juga yang benar-benar sangat hebat ( Al-Haji ayat 1-2)
Di antara manusia ada yang membantah sifat-sifat dan perbuatan Allah tanpa ilmu pengetahuan dan membabi buta mengikuti setiap setan durjana.
Yaitu setan yang telah ditetapkan atasnya menurut takdir; siapa yang mengikutinya maka dia akan menyesatkan orang itu dan mengendalikannya ke dalam jurang siksa neraka (ayat 3-4)
Hai manusia, jika kamu masih sangsi tentang datangnya hari berbangkit, maka renungkanlah urutan kejadianmu : Mulanya kami menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setets mani, lalu dari segumpal darah, dan seterusnya dari sebingkah daging ada yang genap bulannya dan ada pula tang tidak; justru Kami hendak jelaskan kebijaksanaan Kami kepadamu. Selanjutnya Kami dudukkan janin-janin itu dalam rahim  menurut kehendak Kami selama umur kandungan. Kemudian Kami keluarkan kamu dari rahim ibumu sebagai bayi. Lalu Kami pelihara hingga berangsur-angsur tubuhmu jadi tegap dan dewasa. Di antaramu ada yang diwafatkan dan ada pula yang diberi umur panjang sampai pikun sehingga tidak mengetahui lagi apa-apa yang dahulu pernah diketahuinya. Selanjutnya kamu lihat bumi ini gersang, namun bila Kami turunkan hujan di atasnya ia jadi subur dan mekar, lalu menumbuhkan pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang serba indah. ( Al Hajji ayat 5)

8.Sesungguhnya beruntunglah mereka yang beriman. Mereka yang khusuk dalam shalatnya.Mereka yang menghindari omongan kosong. Mereka yang mengeluarkan zakat. Mereka yang memelihara anggota kemaluannya.  ( Al-Mu’minun ayat 1-5)

9. Demi langit dan bintang gemintang. Sampai dimana pengetahuan tentang bintang gemintang? Ialah bintang yang cahayanya menembus kegelapan malam. Sesungguhnya setiap orang ada penjaganya. Hendaklah manusia merenungkan dari benda apa ia diciptakan. Dia diciptakan dari air yang memancar. Keluar dari antara tulang pinggul dan tulang rusuk. Sesungguhnya Dia berkuasa menghidupkan kembali sesudah mati. Pada hari tersingkapnya segala rahasia. Dia tidak mampu mengelakkan diri dari takdir Tuhan, sedangkan di lain pihak tidak ada pula yang akan menolongnya. Demi angkasa yang mengandung hujan. Dan demi kulit bumi yang berlubang-lubang. Sesungguhnya Al-Quran ini benar-benar firman yang mutlak benar. Bukanlah dia senda gurau. Sesungguhnya mereka merencanakan tipu muslihat yang licin untuk menentangnya. Akupun membuat tipu muslihat pula. Oleh karena itu beri tangguhlah orang-orang kafir itu seketika, supaya bertambah dosanya ( At-Thariq ayat 1-17)

Mangga silahkan berkomentar tentang ayat-ayat di atas. Yang jelas jika ingin mengetahui lebih dalam silahkan berhubungan langsung dengan Gus Sopan di Padepokan Soerjoalam. Anda pasti akan mendapat sesuatu yang mungkin selama ini belum Anda mengerti. 

NB:
Sebenarnya Saya sendiri juga tidak mengerti dengan apa yang tersirat di belakang saya harus mencari terjemahan ayat-ayat dari surat-surat tersebut. Namun alhamdulillah, setelah saya laksanakan dengan membuka buku terjemahan ini. Ternyata sesuatu yang selama ini saya cari bersama istri , saya temukan terselip di dalam terjemahan ini. Alhamdulillah. Matur nuwun Gus..! Mugya Gusti kang murbaing dumadi tansah paring kanugrahan, hidayah-inayah, saha dipun paringi karaharjan dumateng Panjenengan Sakulawarga. Amien.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalaamu'alaikum Pak Pung,,,
Ini saya baru baca di atas,,
Kata Bapak ada yg kurang, ini :
Al fushilat : 53, 54
Al waqiah : 58, 63

Terus ne kata Bapak ada yg lebih buat bahan pemikiran dan renungan...

Dasar untuk menambah keyakinan
1. Al isro' : 14
2. Al fushilat : 53, 54

Pada waktu penyaksian
1. Al a'raf :172
2. At thariq : 7
3. Al imron : 17, 18

Cara mengingat ke tiga ayat di atas (al a'raf, at thariq, al imron) yaitu surat qaaf : 16,22

Monggo panjenengan utak utik piyambak :)

Salam dugi Bapak.

Wassalamu'alaikum

Unknown mengatakan...

Mantep gus

Aremablora mengatakan...

asrep raosipun manah kulo Gus. menawi saget kulo nyuwun syair pujian roso sampurno nggih Gus?
salam takzim kulo Gus . ....
Sugeng

Posting Komentar