Padepokan Soerjo Alam

Written By Poenk Poerwa on Kamis, 30 Agustus 2012 | 22.48

Padepokan Soerjo Alam berada di lereng Gunung Kawi di daerah Ngajum - Sembon Ndurenan - Ngajum - Malang - Jawa Timur. Adapun jika Anda ingin ngangsu kaweruh di Padepokan ini silahkan ambil jalur jalan ke Gunung Kawi. Meskipun letaknya di pelosok namun nama Soerjo alam sudah sangat terkenal di daerah Ngajum.- Gunung Kawi. Dari Pasar Ngajum anda tinggal naik ojek atau kalau anda berkendaraan mobil anda bisa juga langsung menuju lokasi. Kurang lebih anda butuh waktu 5 - 10 menit untuk ke padepokan dari Pasar Ngajum ini. Jika ingin melalui jalan yang agak nyaman, Anda bisa mengambil jalur lewat pasar Tumpangrejo Gunung Kawi tanya saja ke penghuni sekitar pasar tersebut jalan ke Soerjo Alam.

Dengan pesawat terbang dari Jakarta anda bisa langsung ke kota Malang, turun di Bandara Abdul Rahman Shaleh dan dengan kendaraan taxi anda bisa langsung ke padepokan. Atau kalau penerbangan ke Malang belum ada, anda bisa menuju ke Surabaya, kota terdekat yang bisa dicapai dengan penerbangan. Surabaya sendiri merupakan ibu kota propinsi dan relatif banyak penerbangan yang menuju ke kota buaya ini.
Dari Surabaya, anda bisa langsung naik taksi ke Malang langsung ke titik Pasar Ngajum, atau juga naik Bis Damri ke Terminal Bungurasih dan sambung dengan bis antarkota ke Malang. type bus-nya sendiri ada yang Patas ada yang Ekonomi. Sesampai di terminal Arjosari Malang setelah 1.5 - 2  jam perjalanan, anda bisa menggunakan taxi, langsung ke pasar Ngajum. Atau pula naik Bus ke Kepanjen (18 km, 30 - 45 menit). Kemudian turun di kota Kepanjen, anda bisa tanya Angkot ke Gunung Kawi, langsung tanya ke Pasar Ngajum. Yang perlu anda perhatikan kalau anda naik Angkot adalah jam-nya. Sekitar pukul 7.00 malam umumnya angkutan sudah jarang. Jadi kalau anda sampai disini jam 7.00 malam. Alternatifnya adalah Ojek, langsung ke Pasar Ngajum. Gunung Kawi sendiri adalah kawasan wisata, jadi cenderung makmur dan aman.
Kalau anda suka naik Kereta, ada Gajayana yang non ekonomi dari Jakarta, atau Matarmaja (dari kalimat Malang, Blitar, Madiun Jakarta). Saat ini kereta Gajayana bisa berhenti di Kepanjen. Turun dari stasiun anda cukup menggunakan jasa angkutan ojeg dengan menempuh waktu perjalanan sekitar 10 - 15 menit
.
Malang sendiri merupakan kota yang dingin, nyaman dan menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata. Objek wisata pegunungan, ada Coban Randa (air terjun), Coban Glothak, Coban Baung, Kakek Bodo, Tretes, Wendit atau air panas Cangar, Songgoriti, Selecta. Untuk Objek wisata pantai yang eksotis adalah Bale kambang, pantai pasir putih dengan pulau kecil yang ada pure-nya,  atau pantai Popoh, pantai Bajul Mati, Sendang Biru, Ngliyep yang tidak kalah menariknya. 

Selain ngangsu kaweruh Padepokan ini sering didatangi orang-orang yang butuh pertolongan masalah keluarga, masalah pekerjaan sampai dengan masalah pernomoran. Soerjo alam tidak hanya mempunyai link  dengan masyarakat kecil namun para pejabat Kabupaten Malang, pejabat propinsi Jatim dan pejabat Jakartapun tidak ketinggalan. Soerjo alam juga membawai dunia pendidikan yaitu TK, SMP dan SMA Soerjo Alam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar