Soerjo Alam Pioner Gugus Darma Pramuka

Written By Unknown on Kamis, 30 Agustus 2012 | 08.27

Perkemahan Pramuka Soerjo Alam yang dilaksanakan sejak tahun  2001 telah menjadi cikal bakal dibuatnya Undang-undang tentang Gugus Darma  Pramuka  sebagaimana  SK.Ka Kwarnas tentang petunjuk pembentukan  Gugus Darma Pramuka.






Ceritanya, pada tahun 2000 di tanah lapang depan Padepokan Soerjo  Alam milik Gus  Sopan , dipergunakan  untuk perkemahan Pramuka siswa SD Tumpangrejo.  Secara tidak langsung Guis Sopan mengamati kegiatan kepramukaan tersebut.  Selanjutnya Gus Sopan  yang punya nama  panjang Sopandrio Setyawan Muhammad berusaha mengorek keterangan tentang Pramuka kepada Pembina Pramuka SD tersebut. Setelah menerima penjelasan tentang Dasa Dharma dan Tri Satya,  disimpulkan sangat cocok dengan ajaran ber Ketuhanan dan sosial kemasyarakatan.  Tidak membeda-bedakan tentang agama tertentu. Semua bisa terwadahi dalam kegiatan  Kepramukaan.

Sejak  itulah, Gus Sopan merintis kegiatan perkemahan pramuka meski beliau tidak mempunyani dasar-dasar kepramukaan. Gus mengumpulkan pengikutnya yang rata-rata berusia 25 tahun ke atas atau sudah berumahtangga. Pada tahun 2001 dimulailah kegiatan perkemahan selama 3  hari. Pada tahun berikutnya 4 hari.  Direncanakan setiap kegiatan perkemahan pertahun lamanya ditambah satu hari.   Hingga pada tahun 2012 ini kegiatan perkemahan  dilaksanakan selama 15 hari. Demikian seterusnya  hingga lama perkemahan adalah 40 hari. Baru setelah itu tidak akan  ditambah lagi lamanya, yaitu tetap 40 hari. 

Adapun isi kegiatan perkemahan adalah bakti sosial dan sarasehan yang diikuti oleh seluruh peserta. Jangan ditanya  dari mana saja peserta perkemahan ini,karena pesertanya berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Lampung. Harapan Gus Sopan  adalah jangan ada yang menafsirkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah menyalahgunakan nama pramuka  sebagaimana anggapan sebagaian anggota dan pengurus Kwarcab Kab. Malang  selama ini.

Pada tahun 2009, Peamuka Pangkalan Soerjo Alam ini pernah mengajukan ke Kwarnas untuk diakui sebagai Gugus Depan sendiri  namun belum ada tanggapan. Meskipun tak ada tanggapankegiatan  pramuka Soerjo Alam berjalan  terus.  Dan tahun 2010, rupa-rupanya Kwarnas mulai  merespon dan membahas tentang komunitas pramuka yang anggotanya berumur 25 tahun ke atas  atau setingkat pandega.
Pada tahun 2012  ini, Kwarnas telah mengirimkan  SK Ka Kwarnas No.001 tahun 2012 tentang Petunjuk pembentukan Gugus Darma Pramuka.  Di susul mandat agar Soerjo Alam segera menyusun kepengurusan Kwarda Jawa Timur.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamualaikum pak........??
sebelumnya nyuwon sewu mintak ma'aaf....
seingat saya yang mengawali bumi perkemahan soejo 'alam adalah SD sumberjo n SD sembon timur?
mungkin itu saja kiranya yang saya sampaikan,,,
mohon di koreksi kembali......

Posting Komentar